Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo memaparkan sejumlah capaian dari program kerja  sepanjang tahun 2022. Capaian kinerja kepariwisataan DIY berhasil tumbuh sangat menggembirakan dan signifikan.

Berikut rangkuman capaian umum Dinas Pariwisata DIY tahun 2022 :

  • Rasio Pergerakan Wisata
    Nilai Rasio Pergerakan Wisata (RPW) mencapai 6,13 tertinggi di Indonesia. Pemicu tingginya mobilitas wisatawan di DIY tersebut yaitu dikarenakan aktivitas pariwisata domestik dan event-event yang digelar sepanjang tahun 2022 mampu mengerakkan wisatawan baik dari dalam maupun luar DIY.
  • Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional
    Kontribusi IPKN di tahun 2022 mencapai 4,54 nomer 2 Nasional
  • Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel
    Hunian kamar hotel mencapai 61,23 %, capaian ini diatas Nasional
  • Length of Stay (LoS)
    Masa tinggal wisatawan di DIY 1,59 hari
  • Jumlah Wisatawan
    Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 3.087 orang per September 2022 dan jumlah wisatawan nusantara (wisnus) 5,13 juta orang. Jumlah kunjungan wisatawan telah mendekati angka sebelum pandemi, artinya kepariwistaan DIY tumbuh sangat mengembirakan bagi seluruh pelaku industri pariwisata termasuk pengelola destinasi di DIY.

Pencapaian Kinerja Dinas Pariwisata DIY:

  • Kinerja program destinasi wisata pada 2022 berupa 11 dokumen Feasibility tudy (FS), Masteplan dan kajian, melakukan pendampingan dan monev kepada 11 kalurahan Rintisan Mandiri Budaya serta mengadakan event 340 event budaya skala nasional, daerah dan lokal.
  • Program industri pariwisata telah menggelar 15 bimtek/workshop/sosialisasi/kajian, 76 pengawasan usaha jasa pariwisata, menjalin 10 kemitraan hotel dan UMKM serta melakukan 83 sertifikasi usaha restoran, usaha rumah makan dan sertifikasi halal.
  • Capaian program pengembangan kapasitas telah menggelar 1.370 pelatihan dan sertifikasi pelaku pariwisata DIY, 92 pokdarwis mendapatkan SK Gubernur, 8 desa wisata naik kelas ke kategori Maju dan Mandiri serta 7 kemitraan Desa Wisata dengan Perguruan Tinggi.
  • Pengembangan bidang pemasaran  telah melakukan 8.676 pembuatan dan publikasi Media promosi , 298 event promosi pariwisata, 4 layanan TIC dan 2 sistem informasi, 1 aplikasi  serta  65 program Familiarization trip.

Penghargaan Kepariwisataan yang diraih tahun 2022

  • Penghargaan kategori “Kreatif Pariwisata” dari Merdeka Award 2022
  • Juara Wakil II Pemilihan Duta Wisata Indonesia Tingkat Nasional Ke-16 Tahun 2022,
  • Juara II Kategori Souvenir Desa Wisata Tepus ADWI
  • Juara II Kategori Desa wisata Berkembang ADWI
  • Predikat “Desa Wisata Berkelanjutan” Tingkat Nasional Desa Wisata Wukirsari.

 

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!