Dalam rangka pengembangan desa wisata sebagai pilar penting dalam pembangunan kepariwisataan DIY yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat, Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan Lomba Desa/Kampung Wisata Tingkat DIY Tahun 2024.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan sebagai upaya evaluasi dan meningkatkan daya saing desa/kampung wisata sesuai dengan Peraturan Gubernur DIY Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pokdarwis dan Desa/Kampung Wisata.

Peserta lomba kali ini diikuti oleh 5 (lima) Desa/Kampung Wisata unggulan Kabupaten/Kota. Rangkaian usulan peserta, seleksi administrasi/kurasi profil, verifikasi, dan kunjungan lapangan dilakukan mulai bulan Juni s.d. Juli oleh Tim Juri.

5 Desa/Kampung Wisata tersebut adalah Desa Wisata Dekso Kab. Kulon Progo, Desa Wisata Krebet Kab. Bantul, Kampung Wisata Prenggan Kota Yogyakarta, Desa Wisata Watusigar Kab. Gunungkidul, dan Desa Wisata Nganggring Kab. Sleman.

Tim Juri terdiri dari 7 (tujuh) orang yang berasal dari asosiasi/industri pariwisata, akademisi pariwisata, media, dan komunitas (BPPD DIY, GIPI DIY, Fakultas Ekonomi USD, Universitas BSI, PUSPAR UGM, Media Malioboro.com, dan Forkom Desa/Kampung Wisata DIY). Dinas Pariwisata DIY dari sisi Pemerintah turut mendampingi Tim Juri selama penilaian berlangsung.

Acara puncak ditandai dengan penyerahan penghargaan Lomba Desa Wisata Tingkat DIY Tahun 2024 pada Selasa, 20 Agustus 2024 bertempat di Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo Hotel. Kegiatan ini direncanakan akan dihadiri oleh Gubernur DIY dan tamu undangan dari pejabat pemerintah dari OPD terkait, stakeholder pariwisata DIY, komunitas pariwisata, pemerhati, dan pelaku wisata lainnya.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!